Ketahanan Nasional RI

Ketahanan nasional Mungkin ada banyak makna tentang ketahanan nasional, namun yang secara umum ketahanan nasional dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang dinamis pada suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.
Ada 2 bentuk ancaman :
  • Ancaman di dalam negeri contohnya adalah pemberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat Indonesia.
  • Ancaman dari luar negeri contohnya adalah infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invansi dari arat, udara dan laut oleh musuh dari luar negeri.


Ketahanan Nasional mempunyai aspek utama, yaitu Kesejahteraan dan Keamanan. Kesejahteraan dan Keamanan adalah dua aspek dari Ketahanan Nasional yang dapat dibedakan tetapi tak dapat dipisahkan. Sebab itu, mengusahakan terwujudnya Ketahanan Nasional hakikatnya merupakan satu proses membentuk Kesejahteraan dan Keamanan buat negara dan bangsa. Ketahanan Nasional hanya dapat terwujud kalau meliputi seluruh segi kehidupan bangsa yang biasanya kita namakan aspek sosial kehidupan, meliputi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pertahanan dan Keamanan. Juga meliputi aspek alam , yaitu Geografi, Penduduk dan Kekayaan Alam.
Berbicara tentang pertahanan nasional, berbicara politik pula. Politik Secara umum dapat dikatakan kegiatan dalam suatu system politik atau Negara yang menyangkut proses penentuan tujuan dari system tersebut dan bagaimana melaksanakan tujuannya. Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya.

Pada peranya politik sangat penting dalam ketahanan nasional, contohnya membangun hubungan kerjasama dengan Negara lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesejateraan dan ketahanan dalam negeri, sebagai pengambil langkah keputusan pada suatu masalah. Tapi pada nyatanya banyak para pelaku politisi kita yang bertidak atas kekuasaan yang digenggamnya. Perilaku KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh para elit politik negeri ini, yang sangat merugikan rakyat, terlebih lagi hal tersebut yang terus menggerogoti pertahanan negeri ini secara Interlnal. Pada system hukum dan peradilan pun sering di permainkkan oleh para politisi dengan membujuk dengan uang dan jabatan kepada para penegak hukum. Namun itulah politik akan sangat berperan dalam pertahanan negeri ini jika pelaksanaanya sesuai aturan

Politik dalam ketahanan nasional kurang lah cukup jika tanpa system pertahanan yang kuat. Pada pertahanannya Indonesia memiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pembinaan Teritorial bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah upaya, pekerjaan dan tindakan, baik secara berdiri sendiri maupun bersama dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan matra darat, laut dan udara; yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya, serta terwujudnya kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Rakyat, yang dilaksanakan sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan dalam rangka tercapainya tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947.

Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara.
Tapi pada faktanya tentara kita sangat minim akan beberapa alat system utama system persenjataan, Indonesia masih jauh tertinggal dari beberapa Negara-negara tetangganya. Pada hal tersebut perlu mendapat tanggapan serius dari pemerintah untuk menjadikan Indonesia lebih kuat dalam pertahanan untuk menjaga NKRI

Pada kesimpulanya, dari berbagai pembahasan diatas, sudah jelas bahwa dalam menegakkan pertahanan nsional itu perlu jiwa dan rasa nasionalisme yang tinggi dan kuat,. Sebagai Negara demokraitis, multikultur dan Negara kepulauan yang berwawasan nusantara, semua aspek sangat penting dalam peran membangun negeri ini. Kita tidak akan pernah mau melihat lagi perampasan kebudayaan, system hukum dan peradilan yang memihak tehadap yang berkuasa, darah yang menetes dinegeri lain dan masih begitu banyak hal-hal lain yang belum terungkap. Indonesia Negara yang kaya raya, Indonesia Negara yang kuat jika kita semua memiliki rasa nasionalis dan berbuat banyak serta berkorban untuk menjadikan negeri ini semakin kuat dalam pertahanan nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat program hitung gaji dan lembur pada C++

Pirolisis Sederhana

Membuat Program Pilihan pada Pascal