Perilaku Konsumen (tanggapan)
Tanggapan :
Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa
yang disebut juga sebagai pembeli. Perilaku konsumen adalah proses ketika
seseorang mencari, memilih, membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan sekali pun.
Jika dilihat dari factor-faktor perilaku konsumen, itu
terbagi dalam 4 jenis :
- Factor budaya.
- Factor social.
- Factor pribadi.
- Factor psikologi.
Sedikit kilasan dari presentasi yang saya tangkap,
Perilaku konsumen sangat menetukan dalam penentuan harga
jual dari suatu produk. Dimana saat konsumen merasa terpuaskan, konsumen akan
merekomendasikan consumen lain untuk membeli atau menggunakan produk tersebut,
namun hal yang sebaliknya jika konsumen tidak merasa terpuaskan maka konsumen
akan merekomendasikan ke konsumen lain untuk tidak menggunakan produk tertentu.
Perilaku konsumen pun dipengaruhi oleh 4 faktor diatas,
namun factor yang sangat kuat menurut pandangan saya adalah factor budaya. Factor
budaya merupakan factor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli/menggunakan
suatu produk atau jasa. Budaya itu sendiri adalah nilai-nilai dasar, keinginan
dan perilaku yang dipelajari dari anggota suatu masyarakat,keluarga dan
institusi penting lainnya contohnya perilaku para konsumen Indonesia yang
sangat konsumtif, khususnya dalam menggunakan alat komunikasi atau gadget. Jika
dilihat dari nilai penjualan barang-barang tersebut, selalu meningkat setiap
tahunya, namun itu semua didasari atas keinginan para konsumen, bukan dari
tingkat kebutuhan. Perilaku tersebut hampir ada disemua orang Indonesia, karena
menganggap gengsi jauh lebih penting dari kebutuhan. Perilaku inilah yang
seharusnya di control, guna menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran dari
konsumen.
Komentar
Posting Komentar