Perilaku Konsumen (tanggapan)



Tanggapan :
Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa yang disebut juga sebagai pembeli. Perilaku konsumen adalah proses ketika seseorang mencari, memilih, membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan sekali pun.
Jika dilihat dari factor-faktor perilaku konsumen, itu terbagi dalam 4 jenis :
  1. Factor budaya.
  2. Factor social.
  3. Factor pribadi.
  4. Factor psikologi.
Sedikit kilasan dari presentasi yang saya tangkap,
Perilaku konsumen sangat menetukan dalam penentuan harga jual dari suatu produk. Dimana saat konsumen merasa terpuaskan, konsumen akan merekomendasikan consumen lain untuk membeli atau menggunakan produk tersebut, namun hal yang sebaliknya jika konsumen tidak merasa terpuaskan maka konsumen akan merekomendasikan ke konsumen lain untuk tidak menggunakan produk tertentu.
Perilaku konsumen pun dipengaruhi oleh 4 faktor diatas, namun factor yang sangat kuat menurut pandangan saya adalah factor budaya. Factor budaya merupakan factor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli/menggunakan suatu produk atau jasa. Budaya itu sendiri adalah nilai-nilai dasar, keinginan dan perilaku yang dipelajari dari anggota suatu masyarakat,keluarga dan institusi penting lainnya contohnya perilaku para konsumen Indonesia yang sangat konsumtif, khususnya dalam menggunakan alat komunikasi atau gadget. Jika dilihat dari nilai penjualan barang-barang tersebut, selalu meningkat setiap tahunya, namun itu semua didasari atas keinginan para konsumen, bukan dari tingkat kebutuhan. Perilaku tersebut hampir ada disemua orang Indonesia, karena menganggap gengsi jauh lebih penting dari kebutuhan. Perilaku inilah yang seharusnya di control, guna menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran dari konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pirolisis Sederhana

Membuat program hitung gaji dan lembur pada C++

Membuat Program Pilihan pada Pascal