Uang, Bank dan Penciptaan uang (tanggapan)


Tanggapan  :
Uang adalah alat tukar atau pembayaran yang sah dan yang resmi dalam proses pertukaran barang maupun jasa. Dahulu orang-orang menggunakan system barter atau saling bertukar terhadap barang dibutuhkan satu sama lain, namun cara tersebut diniliai semakin kurang mampu jika terus diterapkan pada era yang semakin modern. Penetuan nilai yang salah satu menjadi masalah pada system barter, karena para pelaku barter hanyalah melakukan transaksi tukar-menukar tanpa menentukan nominal nilai dari suatu barang tersebut. uang tebuat dari emas dan tahun demi tahun berlalu akhirnya uang pun beralih dari emas ke logaman, dan saat-saat ini uang dalam bentuk kertas, uang di indonesia diciptakan oleh Bank Indonesia.
Kemudian hasil dari presentasi kelompok 6, tentang nilai jual uang yang berbeda dengan dari zaman ke zaman sedangkan nominalnya sama. Hal ini disebabkan karena  pengaruh dari inflasi dan peningkatan perekonomian Indonesia, peningkatan kebutuhan masyarakat, daya beli yang tinggi, keterbatasan bahan baku dan lain-lain yang membuat nilai jual uang tersebut semakin berkurang. Terjadilah perbedaan nilai jual dari mata uang itu sendiri.
Dengan penggunaan uang, aktivitas ekonomi pun menjadi lebih mudah. Penggunaan  logam sebagai bahan baku uang untuk pertama kali, namun melihat ukuran yang mudah hilang, hingga akhirnya uang diciptakan dalam bentuk kertas. Tidak mudah hilang, mudah disimpan tapi uang jenis kertas juga rentan untuk sobek. Namun pengguanaan uang yang bernilai tinggi, menjadi lebih aman karena tidak mudah hilang. Uang palsu adalah hal yang menjadi sorotan saat ini, karena banyak beredar dimasyarkat dan inilah dalah satu kekurangan dari jenis uang kertas. Dengan cara , dilihat, diraba dan diterawang untuk membedakan uang asli atau palsu. Namun, Pemerintah sudah sangat mengupayakan untuk memberantas kasus pemalsuan ini. Namun para pemalsu uang dengan mesin-mesin canggih yang mereka punya, apalagi dengan adanya kertas khusus yang memang dibuat untuk mencetak uang resmi dari BI bisa sampai ketangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan semakin banyaklah uang palsu yang beredar.
Dengan demikian itulah sedikit tanggapan saya tentang materi uang yang saya tangkap. Mungkin fenomena inflasi tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat diminimalkan agar dapat terus menstabilkan nilai tukar mata uang rupiah agar tidak semakin turun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat program hitung gaji dan lembur pada C++

Pirolisis Sederhana

Membuat Program Pilihan pada Pascal