Tips Merawat Gitar Akustik


Banyak orang yang membeli gitar akustik bermerk, tapi kenapa kebanyakan gitar nya tidak awet atau cepat rusak…? Berikut sedikit tips dalam merawat gitar khususnya gitar akustik
Jangan memainkan gitar dalam keadaan tangan basah, karena akan berpengaruh terhadap suara dan kualias dari kayu/body gitar.
Bersihkan Senar dan body gitar
membersihkan seluruh bagian senarnya dengan cara dilap dengan bahan yang menggunakan cairan khusus pembersih senar gitar. Body gitar juga harus dibersihkan, cukup di’lap saja dengan bahan yang halus baik body, neck, apalagi bagian pickup dibawah senar yang pastinya susah dibersihkan debunya  untuk lebih bersih Bila perlu gunakan cairan guitar polish.

Rumah Gitar/soft/hard case
untuk melindungi gutar dari udara kotor diluar, dan dari benturan, dan suhu lingkungan sekitar, makan gunakan lah rumah gitar, baik softcase maupun hardcase. Softcase lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemana mana, sedangkan hardcase melindungi total dari benturan. Dan Meletakkan gitar yang benar adalah terlentang, dengan bagian neck bersenar menghadap ke atas.

Kendurkan Senar
Untuk menjaga agar  neck gitar tidak melengkung, sebaiknya kendurkan senar gitar jika tidak dimainkan dalam jangka waktu yang lama. Senar gitar yang disetel dengan sangat tegang ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Pada gitar, tarikan akibat ketegangan lini bisa membengkokkan neck, walau kemungkinannya kecil.

Bersihkan Fretboard
Fretboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa manjadi kerak.

Ganti Senar
Jika senar sudah berkarat, gantilah. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suaranya juga menjadi tidak merdu lagi yang akan merusak fret gitar. Biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus, 6 buah. Hal ini untuk mencegah belangnya warna suara antara senar baru dan senar lama.

Jangan terjatuh
Jangan sampai gitar kita terjatuh, arena itu akan sangat mengubah suara dari gitar itu sendiri yang lebih parah akan terdapat lubang atau patahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat program hitung gaji dan lembur pada C++

Pirolisis Sederhana

Membuat Program Pilihan pada Pascal