Berlibur Ke Pantai Pulorida

Pantai Pulorida adalah Objek wisata yang terletak di Kecamatan Cilegon, Provinsi Banten sekitar 4 km dari Pelabuhan Merak. Bagi sebagian orang mengira pantai ini terletak di Amerika, karena mengira nama pantainya adalah Florida, tetapi tidak ada kesalahan penulisan sama sekali, namanya memang PULORIDA. Pantai ini dapat ditempuh melalui Jalan Tol Jakarta-Merak menuju Pelabuhan Merak atau melalui Jalan Raya Serang melewati pusat kota Cilegon hingga terbelah dua di persimpangan Cilegon Ke arah kiri ialah menuju PT. Krakatau Steel, Anyer dan Labuan sedangkan ke arah kanan menuju Pelabuhan Merak, Jalan 
Tol Jakarta-Merak dan Bojonegara.


Pantai ini berlokasi disekitar/dikawasan Pantai Anyer juga, tetapi pantai pulorida tidak terlalu terkenal seperti pantai anyer. Namun setiap musim liburan tiba, objek wisata ini selalu dipadati pengunjung. Dengan tiket masuk yang relatif terjangkau serta lokasinya yang relatif dekat, pantai ini merupakan pilihan tepat bagi masyarakat yang sekedar ingin mengisi waktu libur. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang, Sepeda motor Rp. 15.000 kemudian mobil pribadi sekitar Rp. 40.000, bus sedang Rp. 350.000 dan bus besar Rp. 600.000.


Suasana pantai yang nyaman, landai, dangkal dan hampir tak berombak kencang cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang, atau bermain air dan pasir di tepi pantai. Keindahan pantai pun mempunyai daya tarik tersendiri. Saat cuaca cerah, di sisi selatannya akan terlihat ujung Pulau Sumatera dengan Gunung Rajabasa di tengahnya, serta Pulau kecil yang  berada di sisi selatan dan terletak tidak jauh dari bibir pantai. Sebelumnya, pernah dibangun jembatan kayu untuk pejalan kaki menuju pulau tersebut, namun sekarang sudah roboh dan tidak dibangun kembali.

Pengelola pantai juga menyediakan atau menyewakan beberapa fasilitas untuk para pengunjung seperti Pelampung ban, jetboat, banana boat. Perahu pun disediakan oleh pengelola untuk para  pengunjung yang ingin melihat-lihat kawasan di sekitar pantai ini, seperti Pelabuhan Merak, PLTU Suralaya atau melihat-lihat pulau kecil tak berpenghuni di sekitar lokasi ini. Dengan tarif sewa perahu Rp. 30.000,- kita dapat berkeliling sekitar pantai, cukup terjangkau bukan..? dan berlaku untuk 1 kali jalan pulang pergi.


Sementara itu, dari salah seorang pengunjung yang saya tanya, beliau mangatakan “tempat ini cukup nyaman, bersih, dan tidak terlalu ramai cocok untuk saya rutinitas yang sangat padat setiap hari nya cocok untuk liburan mengajak keluarga, selain harganya nya yang cukup terjangkau, juga ada beberapa fasilitas yang menarik.” Itu adalah sedikit tanggapan dari seorang pegawai swasta di Jakarta yang saya temui.



Sementara bagi para pengunjung yang tidak ingin turun ke pantai nya, dapat bersantai-santai dengan menyewa tikar. Tarif sewa keduanya terjangkau dan tidak dibatasi waktu, tariff tersebut berkisar dari Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000 per tikar. Namun para pengunjung dapat menyewa saung-saung yang telah disediakan pengelola, biaya juga sedikit harus ditambah untuk menyewanya, namun tetap terjangkau. Masalah kebersihan anda jangan kuatir, di pantai ini kebersihan cukup terjaga.  Pihak pengelola menyediakan kamar mandi bagi pengunjung yang hendak membilas setelah berenang dengan tarif sekitar  Rp. 3000 – Rp. 5000.

Bagi anda yang sedang bingung mencari tempat wisata kemana, anda boleh coba untuk datang ke wisata Pantai Pulorida. Namun, saat saya berkunjung bukan hari libur warung dan tempat pemandian disekitar nya  tutup. Alhasil saya dan teman-teman hanya bisa menikmati pantai ini dan mengambil beberapa foto, setidaknya pantai ini dapat menghibur kami ditengah waktu kesibukan kuliah dan kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat program hitung gaji dan lembur pada C++

Pirolisis Sederhana

Membuat Program Pilihan pada Pascal